Search JavaScript Kit:

This free script provided by
JavaScript Kit

Dian motor cell

Placed AD here !!

Pop Cash

Pop Cash

Pop Cash

Piston, Silinder dan Fungsinya pada Kendaraan Bermotor

Belum lama saya menyajikan artikel tentang Jenis-jenis dan Istilah Roda gigi pada kendaraan bermotor. Dan selanjutnya untuk melengkapi pemahaman kita seputar suku cadang kendaraan bermotor dan fungsinya, maka erikut adalah akan menyajikan penjelasan tentang Piston , Silinder dan Fungsinya pada kendaraan bermotor.

PISTON

Piston adalah sumbat geser yang terpasang didalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidrolik, pneumatik dan silinder pompa.
Adapun tujuan dari piston dalam silinder ialah :

  1. Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida da akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya linear.
  2. Membuka -tutup jalur aliran.
  3. Kombinasi dari hal diatas.

Dengan fungsi tersebut, maka piston harus terpasang dengan rapat dalam silinder. Satu atau beberapa cincin atau ring seher dipasang pada piston agar sangat rapat dengan silinder. Pada silinder pada temperatur kerja menengah keatas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring piston ( Piston Ring ). Sedangkan pada silinder pada temperatur kerja rendah, umumnya bahan ring terbuat dari karet, disebut dengan ring sil ( seal ring ).

PISTON MESIN

Piston pada mesin juga di senut juga dengan Torak, adalah bagian dari mesin pembakaran dalam yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Piston terhubung ke poros engkol ( crank shaft )melalui setang piston ( connecting rod ). Material piston umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan akan tekanan, misal aluminium yang sudah dicampur bahan tertentu misal alumunium alloy, piston meiliki muaian yang lebih besar dibandingkan dengan rumahnya ( cylinder block ). Hal tersebut harus diantisipasi dengan clearence silinder blok dan piston atau selisih diameter piston dengan diameter silinder blok . Clearence ini bervariasi untuk tiap-tiap piston. Banyak salah pengertian diantara para mekanik bahwa piston harus sesak atau pas dengan silinder blok. Hal ini mengakibatkan sering terjadinya macet ( jammed ) pada saat mesin panas ( overheat ). Yang seharusnya piston longgar terhadap silinder blok.Banyak orang mengira bahwa bentuk piston adalah bulat !. Padahal sesunggunya bentuk piston adalah oval dengan bagian terkecil terletak pada lubang pen piston. Bagian atas dari piston yaitu tempat ring piston , selalu lebih kecil dari bagian bawah piston ( bagian ekor ). Pada saat dimasukkan kedlam silinder blok yang terbentuk bulat sempurna, bentuk oval dari piston ini akan mengakibatkan bagian yang lebih kecil terlihat lebih ranggang.

RING PISTON ( RING SEHER )

Ring piston memiliki dua type, yaitu ring kompresi dan ring oli. Fungsi dari ring kompresi adalah pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun akan mengakibatkan performa mesin menurun juga. sedangkan ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin 4 tak, karena pelumasan mesin 2 tak menggunakan oli samping.

SILINDER ( MESIN )
Ilustrasi dari sebuah silinder mesin deng piston, setang seher
klep dan busi ( spark plug )


Sebuah silinder dalam sebuah mesin pembakaran dalam dan pompa adalah bagian utama tempat piston bekerja. Pemakaian beberapa silinder biasanya disusun sejajar dalam satu garis didalam blok mesin. Silinder bisa dilapisi atau coating dengan nikasil. Volume dari sebuah silinder dapat dihitung dengan mengkalikan kuadrat jari-jari silinder dengan pi dan jarak piston berpindah didalam silinder disebut stroke atau langkah. Maka, kapasitas mesindari suatu mesin mobil dapat dihitung dari banyaknyajumlah silinder dari mesin itu.
Sebuah piston terletak didalam silinder bersama dengan ring piston.



Salam otomotif,

       h72










0 komentar:

Post a Comment

No spam...