Search JavaScript Kit:

This free script provided by
JavaScript Kit

Dian motor cell

Placed AD here !!

Pop Cash

Pop Cash

Pop Cash

Fungsi Sistem Anti Rem Terkunci ( Anti-lock Braking System ) Pada Kendaraan

Sistem rem anti terkunci atau anti-lock braking system ( ABS ) yaitu merupakan sistem pengereman pada sebuah mobil atau kendaraan roda empat atau lebih agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman secara mendadak atau keras.


Adapun sistem ini diadopsi dari teknologi serupa pada pesawat terbang. ABS bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras mendadak sehingga salah satu atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tak terkendali sama sekali. Hal ini tentu sangat berbahaya terutama dijalan licin dan belokan. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan tekanan kembali ke titik normal, lalu mengeraskan kembali ketika roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat sekali, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif sehingga dapat mengurangi resiko tingkat kecelakaan dijalan.

Kelebihan daripada ABS ( anti-lock braking system ) lebih cepat melakukan pengereman daripada sistem biasa yang terdapat pada mobil dan lebih stabil apabila terjadi suatu pengereman mendadak namun tidak membuat mobil kehilangan pengendalian sebesar 5 - 30 % jika dibandingkan dengan pengereman standar yang terdapat di mobil yang umumnya menggunakan 2 buah rem cakram dan dua buah rem drum dengan tekanan gas yang di setting oleh pabrik pembuatnya.

Skema ABS - Anti lock Braking System


Demikianlah, sajian singkat fungsi sistem anti rem terkunci ( Anti-lock braking system) pada kendaraan roda empat atau lebih. Semoga ada manfaatnya.


Salam Blogger,
       h72



0 komentar:

Post a Comment

No spam...